Rabu, 06 April 2016

Candi Mendut



Candi Mendut

Candi Mendut berlokasi tak jauh dari Candi Borobudur, barangkali sekitar tiga kilometeran. Kalau tak tergesa-gesa, wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur, pastilah menyempatkan datang ke sini. Tepatnya Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta. Tak sampai sejam, kita sudah bisa menikmati wisata sejarah eksistensi agama Budha di negeri tercinta.



J.G. de Casparis menduga bahwa Candi Mendut dibangun oleh raja pertama dari wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Diperkirakan usia Candi Mendut lebih tua daripada usia Candi Borobudhur.


Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1836. Pada tahun 1897-1904, pemerintah Hindia Belanda melakukan pemugaran yang pertama. Kaki dan tubuh candi telah berhasil direkonstruksi. Pada tahun 1908, Van Erp memimpin rekonstruksi dan pemugaran kembali Candi Mendut, yaitu dengan menyempurnakan bentuk atap, memasang kembali stupa-stupa dan memperbaiki sebagian puncak atap. Pemugaran sempat terhenti karena ketidaktersediaan dana, namun dilanjutkan kembali pada tahun 1925.

Denah dasar Candi Mendut berbentuk segi empat. Tinggi bangunan seluruhnya 26,40 m. Tubuh candi Buddha ini berdiri di atas batu setinggi sekitar 2 m. Dinding kaki candi dihiasi dengan 31 buah panel yang memuat berbagai relief cerita, pahatan bunga dan sulur-suluran yang indah. Di ruangan yang cukup luas dalam tubuh Candi Mendut terdapat tiga buah Arca Buddha.



Di sudut selatan, di halaman samping Candi Mendut, terdapat batu-batu reruntuhan yang sedang diidentifikasi dan dicoba untuk direkonstruksi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar