Sabtu, 16 Januari 2016

KARANGANYAR: Rumah Teh Ndoro Donker




Rumah Teh Ndoro Donker berlokasi di Jl. Afdeling, Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya mencolok di tengah hamparan kebun teh yang menghijau, dengan latar belakangan Gunung Lawu.

Sebagai hamba Allah yang terlahir di Pangalengan, dengan suasana yang mirip dengan di wilayah ini daerah, saya langsung terbayang sejumlah perkebunan di belahan selatan kota Bandung itu.

Boleh jadi nama Ndoro Donker dalam percaturan nasional tak seterkenal Junghuhn atau Karl Boscha di Jawa Barat yang punya sejarah panjang dan menebar maslahat hingga sekarang, namun pesona nama Ndoro Donker-lah yang konon menyebabkan Rumah Teh ini dinamai demikian.

Memasuki Rumah ini, kita dibawa pada suasana perkebunan teh di masa lalu yang menghiasi dinding rumah ini, dengan arsitektur yang kental suasana kolonial Belanda-nya. Beragam sajian teh disajikan dalam berbagai pilihan varian rasa: Premium Lady Gray Tea, White Tea, Jasmine Tea, Donker Black Tea, Radja Tea, dan varian teh lainnya. Tapi kalau anda mau kopi, coklat ataupun susu tersedia juga.

Saya yang datang ke sana agak sorean dalam suasana mendung, tak kuasa menahan perut yang lapar. Rumah Teh ini memang menyajikan camilan unik dan makan utama. Akhirnya saya memilih Lady Gray Tea, Ubi Donker dan Pisang Panggang, -- sebagai penawar dingin yang muzarab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar