Fred Kiel, Return on Character, The Real Reason Leaders and Their Companies
Win, Harvard Business Review Press, Boston, Massachusetts, 2015.
Kalau selama
ini kita mengenal ROA (Return on Asset), ROI (Return on Investment), dan ROE
(Return on Equity), maka buku ini memperkenalkan ROC (Return on Character ).
ROC adalah
buku yang brilian, penting, dan tak akan lekang dimakan zaman. Hasil penelitian
Fred Kiel, penulis buku ini, membuktikan bahwa kehadiran karakter moral dalam
suatu entitas bisnis sangatlah menguntungkan.
Buku ini
memberikan metodologi pembangunan karakter - - langkah demi langkah saran dan
teknik untuk menilai kebiasaan karakter serta meningkatkan kinerja anda dan lembaga
tempat anda bekerja. ROC menyediakan
cetak biru pembangunan karakter kepemimpinan dan menciptakan sebuah organisasi berkarakter
- untuk mencapai hasil bisnis yang superior.
Ulasannya yang paling menarik
adalah tentang matriks ROC: di sisi kiri berbasis Otak berupa Integritas dan Tanggung-jawab,
sementara di sisi kanan berbasis Hati dalam bentuk Pemaaf dan Kasih Sayang. Masing-masing aspek dielaborasi dengan teliti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar